Taman Batu (Stone Garden) Citatah Padalarang

Hari itu masih pagi, saya berencana mengunjungi salah satu tempat wisata alam yang ada di daerah Padalarang Citatah Bandung Barat. Tempat wisata alam ini menjadi magnet baru dan menjadi trend sebagai tempat tujuan wisata ketika photo – photo keindahannya tersebar luas di dunia maya. Iya Betul, STONE GARDEN aadalah sebutan nama untuk hamparan tanah yang diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam. Di Stone Garden, warga bandung akan melihat saksi bisu dari terbentuknya Danau Bandung Purba pada zaman purbakala dahulu. Formasi batu cantik dipadu padang rumput yang hijau lalu landscape alam yang begitu luas dan indah membuat Stone Garden wajib menjadi tujuan wisata Warga Bandung. Stone garden sendiri berada di puncak bukit tepat diatas Gua Pawon. Di gua pawon sendiri, warga bandung akan menemukan gua purbakala yang disana terdapat fosil manusia purba dengan bentuk kerangka yang sedang berjongkok, Gua Pawon adalah salah satu dari sekian banyak dinding barat Danau Bandung Purba yang masih tersisa.

Untuk bisa sampai dilokasi Stone Garden ini kita bisa mengikuti rute dari Bandung kota ke arah Padalarang lanjut ke cipatat. Setelah sampai di Cipatat maka kita menuju arah gunung masigit. Setelah menempuh perjalanan beberapa kilo meter maka kita akan tiba dilokasi wisata alam baru ini dan bisa menikmati pemandangan alam yang indah disana. Untuk tiket masuknya sendiri dikenakan biaya sekitar Rp.5000,00 saja. Dan siapkan juga uang untuk parkir tentunya. Sebelum memulai perjalanan ke puncak bukit, para pengunjung dianjurkan membeli makanan atau minuman terlebih dahulu yang telah tersedia diwarung kecil yang berada tidak jauh dari lokasi parkiran. Karena tempat wisata ini terbilang baru, maka masih terlihat pembenahan yang dilakukan pemerintah setempat. Tetapi secara keseluruhan fasilitas dan sistem yang ada sudah terorganisir dengan baik. disini pun sudah tersedia mushola dan toilet yang cukup nyaman.

Wisata Bandung - Taman Batu (Stone Garden) Citatah Padalarang

Taman Batu (Stone Garden) Citatah Padalarang

Wisata Bandung - Taman Batu Citatah Padalarang

Taman Batu Citatah Padalarang

Saat berkunjung ke Stone Garden ini jangan hanya bermain dan berfoto saja, tetapi kalau bisa sempatkanlah juga untuk berkunjung ke situs Goa Pawon. Karena secara langsung kita akan mempelajari sejarah terbentuknya Bandung atau Bandung purbakala. Dan saran yang terakhir datanglah ke tempat ini pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan momen terbaik dengan cuaca yang cerah, tak terlalu panas dan sejuk. Namun, jangan memaksakan mendaki ke puncak Stone Garden apabila mendung atau hujan telah turun. Karena jalan yang menanjak dan tanah yang tidak stabil akan membahayakan pendakian. Tidak lupa juga untuk terus mengingatkan agar kita menjaga kebersihan disana. Ikut peliharalah tempat yang menjadi salah satu pusaka alam yang kita miliki, agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

Taman Batu (Stone Garden) Citatah Padalarang

5.0
error: Content is protected !!