Sejarah Pasar Baru Bandung

Pasar Baru (‘pasar baru’) ini dibangun pada tahun 1896 untuk menampung pedagang yang membuka usahanya di sekitar Alun-alun dan Sumedangweg Jl. Otista sekarang. Hingga tahun 1926, pasar ini hanya terdiri dari bangunan semi permanen dan kumuh. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan kawasan Stasiun di dekatnya, pada tahun 1926 didirikanlah sebuah bangunan pasar yang baru. Segera saja bangunan ini menjadi favorit warga kota untuk bersantap malam dan berbelanja. Tahun 1936, pasar ini dijuluki ‘Pasar terbersih di Nusantara’. Pada dekade 70-an, pasar ini dirombak menjadi bangunan bertingkat. Sayangnya, lantai-lantai bagian atas (upper floors) tidak pernah terhuni penuh; para pedagang lebih suka membuka usahanya di luar bangunan. Akibatnya, pada akhir dekade 90-an, bangunan ini dikenal sebagai bangunan kumuh yang tidak terawat. Baru pada tahun 2004, bangunan ini kembali direnovasi menjadi sebuah pertokoan modern.

Jenis barang yang diperjual belikan di Pasar Baru Bandung ini mulai dari aneka pakaian jadi, kain batik, Baju Batik, Bed Cover, Baju Muslim, Jilbab, Kebaya, Perlengkapan Muslim dan lain lain. Di Pasar Baru Bandung, pakaian atau kain yang ditawarkan mulai dari kwalitas rendah sampai kwalitas bagus. Jika beruntung maka bisa berbelanja dengan harga miring namun kwalitas barang yang cukup bagus.

Pasar Baru Bandung terdapat persis di tengah perkotaan, sehingga dengan aktifitas perdagangannya yang padat, arus lalulintas juga padat merayap. Untuk mencapai lokasi pasar ini memang sebaiknya menggunakan kendaraan kecil. Bis pariwisata bisa parkir di ujung jalan namun hanya menampung 2 bus saja. Sehingga kalau siang hari parkiran bis biasanya di halaman stasiun yang jaraknya sekitar 1 km. Para wisatawan biasanya berjalan kaki atau naik becak untuk sampai ke Pasar Baru Bandung. Suatu saat memang diperlukan solusi terbaik untuk merapikan parkir disekitar Pasar Baru Bandung ini. Dengan konsep ” one stop shopping “ Pasar Baru Bandung merupakan tempat berbelanja yang paling tepat untuk para wisatawan karena semua keperluan oleh oleh semua ada disini.

Pasar Baru Bandung - Pasar Favorit

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung tentu saja mendukung sekali pariwisata yang ada di Bandung dan bahkan pengunjung dari Jakarta pun suka berbelanja produk fashion di sini dibandingkan di Jakarta sendiri karena jelas produk fashion bandung lebih murah.

Ada beberapa tips jika ingin berbelanja di Pasar Baru Bandung:

  • Pastikan kwalitas barang yang di beli, agar tak kecewa nantinya.
  • Jika barang tidak menggunakan lebel harga, berarti barang bisa ditawar
  • Simpan Tas atau dompet di bagian depan badan, bukannya menakuti tapi hanya menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena Pasar Baru Bandung sangat ramai.
error: Content is protected !!