Menikmati Nasi Kuning di Bandung

nasi kuningNasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini tak hanya cocok dinikmati saat merayakan sesuatu. Tapi nasi kuning juga bisa dijadikan menu untuk sarapan pagi atau santap malam. Nasi Kuning terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Di Bandung sendiri banyak pedagang nasi kuning yang bisa kita jumpai di pinggir-pingir jalan, ada yg buka dari pagi hari, maupun buka di malam hari. Berikut adalah beberapa tempat makan nasi kuning yang cukup terkenal di kota Bandung.

1. Nasi Kuning Sumur Bandung.
Jl. Sumur Bandung (Parkiran Siete Cafe)
Nasi kuning ini sudah berjualan dari tahun 1996. Memasang 10 macam lauk setiap harinya, ati ampela dan daging giling menjadi favorit pembeli.

2. Nasi Kuning Pasir Koja
Jl. Pasir Koja No. 114 (Depan Toko Mas SAE)
Nasi kuning ini buka pada malam hari, dimulai pada pukul 20.00 sampai 01.00 WIB. Berjualan dari tahun 70-an, Satu Porsi nasi kuning ini berisi nasi kuning dengan abon, telur rebus, tahu kuah, semur daging sapi, oncom, dan kerupuk aci, serta taburan bawang goreng.

3. Nasi Kuning Pungkur
Jl. Pungkur
Nasi kuning ini juga buka dari pagi sampai malam. asi kuning pungkur berbeda dengan nasi kuning lainnya karena satu porsi nasi kuning ini selain berisi irisan telor dadar, kering tempe, sambal, ditambah pelengkap gorengan yang dicampur bumbu kacang, seperti risol, bala-bala (bakwan), gehu(tahu isi), batagor, dll.

4. Nasi Kuning Saparua
Depan GOR Saparua
Satu porsi nasi kuning isinya nasi kuning, irisan telor dadar, abon sapi, kering tempe, ikan teri, timun, sambal, dan kerupuk. Sambalnya yang pedas menambah enaknya nasi kuning saparua.

Bubur Utem Saparua

buburutemKuliner Bandung : Bubur Utem Saparua.

 

Di seputaran saparua, di sini setiap pagi khususnya akhir pekan banyak sekali jajanan / makanan, salah satu yang jadi favorit penulis adalah Bubur Utem, di lokasi kuliner ini bukan cuma bubur saja, tapi ada nasi kuning juga, cobain deh dijamin enak, nih fotonya..

Dengan harga yang murah, rasa boleh diadu, bikin kedai ini banyak diserbu pengunjung yang kelaparan hehehe.

The Valley Suki Garden Resto

The ValleyBagi yang suka and hobi makan all u can eat it, tempat ini salah satu tempat yang wajib di kunjungi. pasti semuanya tau The Valley kan, tapi sepertinya tidak terlalu banyak yang tahu The Valley Suki Garden Resto. Letaknya tepat di seberang The Valley Hotel & Resto. Begitu beragamnya menu all u can it, begitu banyak pilihan makanan berkualitas seperti daging dengan berbagai bumbu, tempura, berbagai salad, daging ayam, sapi, ikan, cumi dll, dan pastinya yang bikin ketagihan di sini adalah hidangan penutupnya, dessert berkualitas a la The Valley seperti strawberry cake, tiramisu, chocolate cake dan banyak lagi. jadi.. buat yg mau ada perayaan sesuatu atau sekedar makan malam tempat ini layak dicoba. Dan pemandangannya juga sudah pasti luar biasa.

Tips: sebelum makan, tahan nafas dalam-dalam, jangan khilaf, jangan terburu-buru dan jangan ambil banyak-banyak, cara makan kita menentukan seberapa kita bisa menikmati makanan, Selamat mencoba.

Suasana The Valley Suki Garden Resto, dengan view Bandung City Light

The Valley Suki Garden Resto

Price : ± Rp 40.000 – 75.000 / orang

Alamat : Jl Lembah Pakar Tmr 28,Dago,Coblong BANDUNG