Persiapan Sebelum Puasa

Sebelum datangnya bulan puasa, tidak ada salahnya kita gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, yang meskipun tampak tidak begitu penting tapi akan cukup merepotkan bila mengerjaannya secara mendadak. Lalu persiapan bahan makanan pun sangat penting, karena kita harus memilih mana makanan yang baik untuk puasa dan mana yang tidak. Apa saja yang harus kita persiapkan ? Berikut ulasannya.

Info Ramadhan - Persiapan Sebelum Puasa

Persiapan Sebelum Puasa

Baca Juga :

  1. Tak hanya persiapan fisik dan mental, aneka kebutuhan dapur dan bahan makanan pokok, seperti beras, mie instan, susu, gula, minyak goreng, dan sebagainya sebaiknya dipersiapkan dalam jumlah cukup besar. Pilihlah hari yang tepat untuk berbelanja, misalnya di akhir pekan atau hari libur. Tak hanya menghemat pengeluaran, berbelanja sebelum bulan puasa juga dapat menghemat tenaga dan waktu Anda. Selain berbelanja bahan makanan, Anda pun mulai dapat berburu pakaian, sepatu bahkan perabot baru.
  2. Saatnya untuk membersihkan kulkas, freezer, laci dan rak penyimpanan. Pastikan masih terdapat ruang kosong untuk menyimpan persediaan bahan makanan yang baru atau sisa hidangan nantinya. Untuk freezer, bersihkan dengan proses thawing (pencairan).
  3. Debu dan kotoran di tempat tersembunyi dan sulit dijangkau terkadang sering lupa dibersihkan. Demi kenyamanan rumah dan untuk menghemat tenaga selama bulan puasa, segera bersihkan bagian-bagian tersebut. Dimulai dari perabot, seperti karpet, jok kursi, perabot berukir hingga tempat tidur. Untuk bagian ruangan, bersihkan kusen pintu dan jendela, langit-langit ruangan hingga ventilasi.
  4. Ingin membeli perabot baru? Pastikan gudang dalam keadaan bersih, kering dan cukup luas untuk menyimpan perabot lama Anda.
  5. Sebelum memutuskan untuk membeli pakaian baru, perhatikan dan atur kembali barang-barang yang ada di lemari. Bila perlu, lakukan penyortiran dan penataan kembali barang-barang tersebut, sesuai kebutuhan.
  6. Buat daftar menu harian selama bulan puasa, mulai sahur hingga buka puasa. Agar tidak membosankan dan lebih bervariasi, perbanyak koleksi resep masakan, baik dari buku, majalah atau tabloid.

Persiapan Sebelum Puasa

5.0
error: Content is protected !!